Aug 20, 2015

Singkatan, Arti dan Pengertian dari SEM (Search Engine Marketing)


Dalam mendatangkan pengunjung ke website, ada dua cara yang bisa kita lakukan, baik dengan cara gratis yaitu menggunakan SEO (Search Engine Optimization) ataupun secara berbayar dengan menggunakan SEM (Search Engine Marketing). Singkatan dari SEM adalah Search Engine Marketing. Sedangkan arti dan pengertian dari SEM adalah suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk mendatangkan pengunjung ke website kita dengan membeli iklan (ads/advertising) dimesin pencari. Lebih jelasnya adalah kita mengiklankan website kita dengan tujuan mendatangkan pengunjung ke website kita tersebut.

“Search Engine Marketing” pada awalnya digunakan untuk memayungi istilah yang mencakup SEO (Search Engine Optimization) dan paid search activities (aktifitas pencarian berbayar). Seiring berjalannya waktu, dunia industri telah mengadopsi istilah SEM semata-mata untuk sesuatu yang merujuk pada paid search. Berikut adalah istilah yang paling umum yang digunakan pada kegiatan yang merujuk pada SEM: 

• Paid search ads 
• Paid search advertising 
• PPC (pay per click) 
• PPC (pay per call): adalah beberapa ads (iklan), terutama yang ditayangkan dipencarian pada pengguna mobile phones, yang mungkin dikenakan biaya untuk jumlah klik yang dihasilkan dipanggilan langsung dari sebuah smartphone. 
• CPC (cost per click) 
• CPM (cost per thousand impressions) 

Sebagian besar search ads dijual dalam bentuk CPC/PPC, tetapi untuk beberapa pilihan advertising mungkin dijual dalam bentuk CPM.  

SEM Bagi Pemula

Google AdWords banyak disebut sebagai platform paling populer untuk bidang paid search yang digunakan oleh para ahli marketing (marketers search). Kemudian diikuti oleh Bing Ads, yang juga memberikan porsi yang signifikan untuk iklan yang ditayangkan di Yahoo. Disamping itu ada juga sejumlah lapisan kedua untuk platform PPC dan juga pilihan advertising yang berbasis PPC yang ditayangkan pada media-media sosial terkemuka.

0 comments:

Post a Comment